Home » , » Taman Pramuka Obyek WIsata dan Pembinaan Generasi Muda

Taman Pramuka Obyek WIsata dan Pembinaan Generasi Muda

“Taman yang terkenal keasriannya. Taman Pramuka yang sudah berdiri ratusan tahun dengan arealnya seluas 1 Ha bukan saja terkenal sebagai taman yang sejuk. Warga kota lebih mengenalnya sebagai Taman Pramuka. Taman Pramuka pun menjadi areal wisata bagi anggota-anggota Pramuka luar kota. Bahkan, sering pula dikunjungi pramuka mancanagara dan itu artinya mereka sebagai wisatawan yang menjadi tamu Kwartir Gerakan Pramuka Kota Bandung.”

Kota Bandung banyak memiliki ruang terbuka hijau (RTH). Bentuk-bentuk RTH itu ada yang berupa taman kecil tetapi rimbun pepohonan. Ada juga yang berupa taman dengan arealnya yang luas. Semuanya rimbun dengan pepohonan. Manfaatnya selain untuk pemeliharaan kesejukan kota, resapan air bawah tanah, juga untuk rekreasi dan wisata.

Taman yang terkenal asri dan menyejukkan warga Kota Bandung, di antaranya Taman Tegallega dan Taman Pramuka. Khusus Taman Pramuka yang sudah berdiri ratusan tahun dengan arealnya seluas 1 Ha bukan saja terkenal sebagai taman yang sejuk. Warga kota lebih mengenalnya sebagai Taman Pramuka.

Di balik itu semua, ternyata Taman Pramuka pun menjadi areal wisata bagi anggota-anggota Pramuka luar kota. Bahkan, sering pula dikunjungi pramuka mancanagara dan itu artinya mereka sebagai wisatawan yang menjadi tamu Kwartir Gerakan Pramuka Kota Bandung.

Dalam pertemuan sesama anggota Pramuka, tamunya itu merasa betah berlama-lama tinggal di Taman Pramuka. Ini karena arealnya penuh dengan pepohonan peneduh dan angin pun bertiup sepoi-sepoi yang meninabobokannya.

Taman Pramuka cocok pula sebagai obyek wisata tidak langsung. Ini disebabkan arealnya yang teduh dengan pepohonan dan tempatnya yang strategis dapat dijangkau dengan mudah dari berbagai jurusan.

Dalam obrolan dengan Info Wisata, Rosdiana, staff TU dan Humas Taman Pramuka menjelaskan, di areal tersebut merupakan pusat kegiatan pembinaan dan pendidikan bagi generasi muda. Mereka mendapat gemblengan mental dan pengetahuan serta etika pergaulan dengan sikap saling menghormati dan menghargai sesama.

Generasi muda bangga karena melalui gerakan Pramuka, hasil pembinaan dan pendidikan menjadi wahana untuk mampu bergaul dengan siapa pun. Mereka sudah menanamkan rasa saling menghormati dengan sesama. Dengan demikian, mereka tidak kesulitan saat bergaul di masyarakat.

Kepada sesama generasi muda yang kebetulan belum mendapat dan menerima gemblengan kepramukaan dapat membagi ilmunya dalam bentuk obrolan dan praktek keterampilan. Praktek keterampilan ini sangat bermanfaat jika suatu saat kelak mereka hidup bermasyarakat.

Multi fungsi Taman Pramuka kian dirasakan dalam suasana Kota yang kini sedang menuju Kota Bermartabat dengan tujuh program prioritasnya yang menumbuhkan pembangunan berkarakter dinamis, di antaranya pembangunan sebagai kota wisata dan sebagai kota seni budaya dan kebetulan pula Kota Bandung memiliki banyak asset seni budaya. [+] e. riani

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger