Home » , » Kakwarcab Pramuka Labuhanbatu Lepas Tim Kirab Estafet Tunas Kelapa

Kakwarcab Pramuka Labuhanbatu Lepas Tim Kirab Estafet Tunas Kelapa

RANTAUPRAPAT, ML : Ketua Kawartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu Suhari Pane SIP melepas Tim Kirab Pramuka Estafet Tunas Kelapa (ETK) di Lapangan Ika bIna Rantauprapat, Jumat (7/11) menuju kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk selanjutnya menuju Provinsi Sumatera Barat.

Kakwarcab Gerakan Pramuka yang juga Wakil Bupati Labuhanbatu saat melepas pasukan ETK didampingi oleh Dandim 0209/LB Letkol Abdi Iman Sakti Zebua, Ketua DPRD Hj Ellya Rosa Siregar, para kepala SKPD, para pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu, para penegak, pendega dan penggalang.

Suhari Pane menjelaskan, bahwa Tim ETK yang beranggotakan 20 orang Pramuka Pendega dari seluruh Kabupaten di Propinsi Sumatera Utara itu sebelumnya berada di Kabupaten Simalungun dan Labuhanbatu Utara. Setelah istirahat satu malam di Labuhanbatu tim ETK melanjutkan kirab ke kabupaten Labuhanbatu Selatan dan langsung menuju Kabupaten Mandailing Natal.

Di perbatasan Sumatera Utara dengan Sumatera Barat Tim ETK ini akan berganti dengan tim dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang akan berakhir di Jakarta bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2011.

Dijelaskannya juga, bahwa kegiatan kirab dan perjalanan Pataka Tunas Kelapa ini menyusuri seluruh wilayah tanah air berangkat dari delapan penjuru mata angin bergerak dengan estafet menuju Ibukota Negara, Jakarta, yang melambangkan persatuan dan kesatuan secara utuh dan menyeluruh anak muda dan orang dewasa menuju cita-cita “Kejayaan Indonesia”.

Untuk wilayah Sumatera diawali dari provinsi Nangro Aceh Darussalam tanggal 1-4 Oktober 2011 dilanjutkan ke Sumatera Utara tanggal 5-7 Oktober 2011 dan berakhir di Jakrta tanggal 28 Oktober 2011 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan ini dilaksanakan, kata Suhari, karena tahun 2011 ini Gerakan Pramuka memasuki usia emas, usia 50 tahun. “Diharapkan kegiatan ini dapat mengetuk segenap masyarakat untuk mampu menyulam persatuan dan kesatuan dintara anak bangsa”, katanya.

Tim kirab ETK sempat melakukan berdefile menelusuri ruas jalan MH Thamrin, Jalan Sudirman dan berakhir di Jalan A Yani tepat di depan Makam Pahlawan Rantauprapat, tim ETK melanjutkan perjalanan mengunakan bus yang dipimpin langsung Sekretaris Kwartir Daerah Sumatera Utara, Mukhlis Mukhtar.

Selama berada di Labuhanbatu (6-7 Oktober 2011) ETK melakukan berbagai kegiatan, seperti pemutaran film di Lapangan Ika Bina Rantauprapat dan mendapat jamuan dari Pemkab Labuhanbatu di pendopo.

Pada kesempatan pelepasana Tim ETK, Kakwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu menyerahkan bantuan berupa vitamen kepada pimpinan regu.(AR).

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger