Home » , » Anggota Pramuka Bongkar Senjata Api

Anggota Pramuka Bongkar Senjata Api

MEMPAWAH – Perayaan HUT ke-50 Pramuka tahun 2011 lebih semarak dan meriah. Perayaan diperingati dengan menggelar apel bendera yang dipimpin Mabigus Pramuka Kabupaten Pontianak, H Ria Norsan, Rabu (14/9) di halaman Kantor Bupati Pontianak. Sedikitnya ratusan anggota pramuka dari berbagai gugus depan mengikuti apel tersebut.

Perayaan HUT ke-50 Pramuka tahun 2011 lebih semarak dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarcab Pramuka Kabupaten Pontianak. Pada Selasa (13/9) malam digelar pawai obor mengelilingi Kota Mempawah. Puluhan peserta pawai obor tersebut dilepas oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Pontianak, H Rahmad Satria, di halaman Kantor Kwarcab Pramuka Kabupaten Pontianak.

Usai menggelar apel bendera, sejumlah atraksi dipertontonkan para anggota pramuka dari berbagai gugus depan. Baik pramuka tingkatan siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Misalnya, penampilan marching band dari pramuka penegak dan siaga dari SD Negeri 20 Kecamatan Sungai Kunyit.

Kemudian dilanjutkan dengan atraksi semaphore oleh pramuka penggalang. Selanjutnya koloni tongkat yang dilakukan puluhan anggota pramuka. Bukan itu saja, para anggota pramuka juga menampilkan aksi memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Mulai dari tindakan penyelamatan korban hingga menandai Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas, membantu tugas kepolisian. Setelah itu, gabungan pramuka penggalang dan penegak juga menggelar atraksi yang membuat kagum para peserta apel dan undangan yang hadir. Mereka membongkar dan memasang senjata api (senpi) jenis laras pendek dan laras panjang AK-47 milik Kodim 1201 Mempawah.

Bukan itu saja, masih dalam rangkaian HUT ke-50 Pramuka tahun 2011 tersebut, juga diberikan berbagai penghargaan kepada sejumlah jajaran pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Pontianak. Lencana Melati, Lencana Dharma Bhakti, Bintang Pancawarsa II dan III.

Penghargaan itu disematkan oleh Kamabigus Kwarcab Pramuka Kabupaten Pontianak, Ria Norsan, kepada H Rahmad Satria, Abdul Karim Hamid, Mochamad Daud, dan Usman Fadli selaku penerima penghargaan Lencana Melati.

Lencana Darma Bakti diberikan kepada H Syahril, Yudi Sakir, Rochwandi, dan M Yamin SPd. Bukan hanya itu, juga diberikan penghargaan Bintang Pancawarsa I kepada H Gusti Yudi Arianto, Netty Rusdiah, dan Zulkaranin. Kemudian, Bintang Pancawarsa II disematkan kepada Neny Puspapeny, Nasran, Suhaimi, dan Surya Afandi. Serta, Bintang Pancawarsa III diterima Asdillah Rachmad dan Munzirin.

“Mudah-mudahan melalui momentum peringatan HUT ke-50 Pramuka tahun 2011 ini semakin meningkatkan gerakan pramuka di Kabupaten Pontianak. Sehingga akan melahirkan generasi-generasi muda yang memiliki karakter yang tangguh dan kuat seperti seorang anggota pramuka,” harap Norsan. (shn)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger