Home » , » Dive Pramuka Emas 2011: Menpora dan Menbudpar Siap Hadir Read more: Dive Pramuka Emas 2011: Menpora dan Menbudpar Siap Hadir

Dive Pramuka Emas 2011: Menpora dan Menbudpar Siap Hadir Read more: Dive Pramuka Emas 2011: Menpora dan Menbudpar Siap Hadir

SURABAYA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Alfian Malarangeng dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar), Jero Wacik telah dijadwalkan hadir dalam acara pemecahan rekor selam 1000 orang.

Rekor selam ini digelar dengan kegiatan pengibaran bendera merah putih sebesar 1.000 meter persegi di dasar laut pada ada 23 Oktober mendatang. Acara bertajuk Dive Pramuka Emas 2011 itu dilaksanakan di Pantai Pasir Putih, Kab Situbondo.

Ketua Dewan Kerja Daerah Kwarda Jatim, Miftakhul Khoiriyah SIKom saat dikonfirmasi, Senin (12/9) mengatakan, awalnya yang diagendakan untuk hadir adalah Wapres RI, Boediono.

Namun, agar pemecahan rekor dunia itu bisa menjadi sajian hiburan bagi masyarakat tanpa proses protokoler yang rumit, maka hanya dihadiri menteri saja

Guna memantapkan persiapannya, pihaknya bersama dengan Kwarnas dan Kwarcab Situbondo akhir pekan lalu telah mengadakan rapat persiapan teknis acara di lokasi kegiatan.

Menurut dia, pemecahan rekor ini menjadi unjuk gelar potensi olahraga bahari khususnya selam di Indonesia dan upaya pengembangan potensi wisata bahari di Pantai Pasir Putih, serta menjadi wujud bakti Pramuka dan komunitas penyelam kepada Bangsa Indonesia.

Kegiatan ini didukung oleh Kemenpora, Kemenbudpar, Kemenhub, Kemen Kelautan dan Perikanan, TNI AL dan Polri, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), dan Komunitas penyelam di Indonesia. Rangkaian acara dilaksanakan dua hari.

Pertama pada Sabtu 22 Oktober dimulai pukul 08.00-10.00 WIB gladi bersih pengembangan merah putih 1.000 m2 dilanjutkan fun dive hingga pukul 12.00 WIB. Malam harinya pada pukul 20.00-21.00 WIB akan dilakukan night dive (selam malam) yang diikuti peserta yang mendaftar secara khusus.

Di puncak acara atau hari kedua, pengembangan merah putih 1.000 m2 dilakukan pukul 08.00-10.00 WIB. Dilanjutkan dengan acara pesta rakyat pantai dan peresmian terumbu karang pramuka emas, estafet tunas kelapa, serta penyerahan piagam hingga pukul 12.00 WIB.

Pemecahan rekor dunia sebelumnya selam pernah terjadi di Taman Laut Bunaken, Manado, Sulawesi Utara pada 16 Agustus 2010 dengan jumlah 1500 penyelam yang akan melakuka penyelaman secara bersama-sama.

Bedanya, di Jatim ini bakal memecahkan rekor serupa, namun dengan 1000 penyelam dengan kibarkan bendera merah putih seluas 1000 meter persegi. (c8/lik)


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger