Home » , » 22 Satuan Pramuka Bertahan Hidup di Pulau Seribu

22 Satuan Pramuka Bertahan Hidup di Pulau Seribu

BEKASI Sebanyak 22 satuan karya pramuka wana bakti, melakukan upacara pelepasan ke pulau Rambut dan pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu, Senin (5/9) kemarin.Keberangkatan dikatakan Sekretaris Satuan Karya Pramuka Wana Bhakti Roby Hermawan, dalam rangka survival series (bagian bertahan hidup.red), yang dilaksanakan Selasa (6/9) (hari ini.red).

“Jadi, mereka yang ikuti nanti disana akan ditinggal selama 5 hari dengan perlengkapan yang sudah ditentukan. 22 pesrta ini terdiri dari 12 putra dan 10 putri dari siswa siswi SMA seKota Bekasi,” jelasnya.

Kata Roby, skenario kegiatan adalah satuan pramuka seolah terdampar di pulau karena kapal yang tenggelam. Anggota hanya dibekali alat masak, pelampung dan jas hujan di tempat itu.

“Untuk makan mereka akan dibina untuk berburu ikan atau burung di pulau itu. Jadi intinya, bahan makanan mereka diupayakan mencari sendiri,” papar anggota Lingkar Pelangi ini.

Tujuannya kata Roby, agar para satuan bisa melakukan aktifitas bertahan hidup secara mandiri dan satuan wana Bhakti bisa memecahkan masalah yang kerap menimpa dengan pikiran jernih dan sabar.

Tak hanya itu, 22 satuan pramuka wana bakti yang diberangkatkan sudah memiliki kondisi yang baik seperti surat dokter, izin orang tua, dan mereka pun juga mengikuti asuransi. Mereka juga bisa memperpanjang asuransinaya.

“Dengan mengikuti survival series mereka juga bisa menyalurkan bakat dan minat dalam berekspresi. Karena disini sangat dilatih kemampuannya dalam berkreatifitas pada peserta untuk bisa berkembang,” bebernya.

Ia mengungkapkan, Saka pramuka wana bakti dinaungi oleh kementrian kehutanan. Namun, untuk di kota Bekasi lebih dinaungi oleh BPLHD. “Saka pramuka Wana Bakti baru pertama di Bekasi dan kegiatan ini bakal dilakukan rutin untuk kedepannya,” pungkasnya.(sam)

Sumber : http://www.radar-bekasi.com/
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger