Home » , » Pramuka SMP IT Nurul Ilmi Tenggarong Goes to Malaysia

Pramuka SMP IT Nurul Ilmi Tenggarong Goes to Malaysia

Tak kalah dengan sekolah di daerah lain dalam mengukir prestasi, Pramuka SMP Islam Terpadu (IT) Nurul Ilmi Tenggarong berkesempatan mewakili Kukar ke ajang perkemahaan internasional 2011 (PRINT ’11). Agenda ini diadakan Kadet Remaja Sekolah (KRS) Musleh Malaysia pada 21–24 Desember lalu di Hutan Lipur Ulu Bendul, Negeri Sembilan, Malaysia.

KONTINGEN Tanah Air mengirimkan sebanyak 133 pelajar dari seluruh Indonesia, dan 35 orang guru pendamping ke perkemahan yang ikuti oleh beberapa negara di Asia tersebut. Tuan rumah Malaysia mengirimkan 720 peserta dari 13 SRI (sederajat Sekolah Dasar) dan 13 SMI (sederajat SMP dan SMA). Sedangkan Jaringan Sekolah Bestari As-Salam Thailand mengirimkan 51 pelajar dengan enam guru pendamping.
Kepala SMP IT Nurul Ilmi Untung mengatakan, kegiatan ini sebagai pembelajaran yang sangat berharga bagi anak-anak. Selain dapat berinteraksi dengan teman dari negara lain, mereka juga bisa bertukar ilmu dan pengalaman. Kaltim mengirimkan kontongin dari perwakilan Samarinda, Sangatta, Bontang, dan Tenggarong. “Alhamdulillah, SMP IT Nurul Ilmi mempunyai kesempatan untuk mewakili Kukar ke ajang Internasional yang sudah 2 kali dilakukan,” ujar Untung.
Perkemahan yang diikuti berbagai negara di Asia ini memiliki banyak agenda kegiatan, seperti Kem Kraf/kerajinan tangan, kerapian, kebersihan, keindahan tenda peserta, basic self defence (BaSeD), bela diri dan bantu mula (pertolongan pertama pada kecelakaan).
Ada hal yang sangat membanggakan saat persembahan kebudayaan, sebab perwakilan dari Indonesia berhasil memukau seluruh peserta dengan menampilkan tari tradisional khas Kutai. Tari Jepen yang diiringi rekaman musik tingkilan dengan instrumen lagu Nasi Bekepor membawa harum nama Kutai Kartanegara.
Selain itu juga dilaksanakan kunjungan ke Taman Ular dan Taman Herbal/obat–obatan dan peserta dari Indonesia juga mengikuti wisata Iptek selama berada di Malaysia. Untuk wisata Iptek, dilakukan setelah perkemahan selesai yaitu pada 25 -27 Desember berupa eksplorasi dan sains show di Petrosains, Pusat Sains Negara (PSN)– Twin Towers, serta kunjungan wisata ke Putra Jaya dan Genting Highland. (hmp09)

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger