Home » , » Anggota Pramuka Harus Kuasai Internet

Anggota Pramuka Harus Kuasai Internet

VIVAnews - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meminta agar anggota Pramuka melengkapi diri dengan kemampuan dan pemahaman teknologi.
Hal itu untuk menunjang kinerja dan kreativitas anggota Pramuka menyongsong masa depan dan persaingan. Misalnya, dengan penguasaan penggunaan internet.

"Karena dengan menguasai teknologi, internet misalnya, Pramuka di Jatim mampu melihat kemajuan dunia. Selanjutnya, akan berguna untuk meningkatkan kreativitas dan keilmuan," kata Saifullah Yusuf di pelantikan kenaikan tingkat Pramuka Penggalang, Penegak, dan Garuda Gugus Depan (Gudep) Pondok Pesantren Al Islah Sendang Agung, Lamongan, Jatim, Sabtu 21 Januari 2012.

Dia menambahkan, saat ini, eranya teknologi internet. Generasi muda, termasuk Pramuka juga ikut andil untuk dalam penguasaan. Kemudian, itu bisa digunakan untuk menginformasikan atau sebaliknya mencari informasi yang tanpa kendala.
"Jika Pramuka melengkapi diri dengan teknologi, bisa mencari informasi yang lebih cepat dan juga untuk memperkaya cakrawala keilmuan," lanjutnya.

Gus Ipul --sapaan akrabnya-- mencontohkan, di dalam internet bisa mencari ayat-ayat Al-Qu’ran, cakrawala keilmuan lainnya yang bersifat Islami. Namun, tentunya penguasaan teknologi itu bisa membedakan prinsip-prinsip sebagai orang yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Terkait itu, pihaknya berpesan agar anggota Pramuka memahami kemajuan dan persaingan terbuka di era saat ini. Selanjutnya, segera dapat menjadi motivasi untuk menentukan arah masa depannya. Termasuk, mempersiapkan diri menyongsong estafet kepemimpinan.

Ia menyebut, sebagai ciri pemimpin telah dimiliki oleh anggota Pramuka. Yakni, memilki sifat-sifat keteladanan di antaranya ringan menolong sesama, mencintai alam, mandiri, mau bekerja sama, dan belajar untuk kepentingan masa depan.

Dengan semangat yang dimiliki anggota pramuka, Gus Ipul optimistis dengan kesadaran yang tinggi sejak dini, Pramuka di Jatim mampu menjadi pramuka terdepan di Indonesia.

Sementara itu, dalam kegiatan itu, Gus Ipul yang menjabat sebagai ketua Kwartir Daerah Pramuka Jatim berkesempatan melantik sejumlah anggota menapaki jenjang lanjutan yang lebih tinggi.
Di antaranya, meliputi pelantikan Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, Penegak Bantara, Penegak Laksana, dan pelantikan Pramuka Garuda untuk tingkat penggalang dan penegak. (art)

Sumber : vivanews.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger