Home » , » Estafet Tunas Kelapa di Jepara Disambut Meriah

Estafet Tunas Kelapa di Jepara Disambut Meriah

itoday – Estafet Tunas Kelapa (ETK) Jawa Tengah yang digelar untuk memperingati hari Pramuka Senin (3/10/2011) memasuki kabupaten Jepara tepatnya di kecamatan Kedung yang selanjutnya diserahterimakan kepada gerakan Pramuka kecamatan Pecangaan. Upacara serah terima itu berlangsung di depan Balai desa Ngeling kecamatan Pecangaan yang disaksikan ratusan peserta yang terdiri dari pengurus gerakan pramuka dua kecamatan .

Selain Upacara penyerahan juga dimeriahkan oleh kesenian reog ponorogo dari desa Pecangaan dan juga pawai Marching Band dari MI Matholiul Huda Troso dan juga ratusan pramuka dari berbagai sekolah di kecamatan Kedung dan Pecangaan. Selain ikut dalam rombongan barisan yang mengikuti kirap ETK, juga barisan pramuka juga berjejer rapi menyambut dan memberi semangat datangnya rombongan ETK.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dalam sambutan yang dibacakan oleh Camat Pecangaan Widodo mengatakan ETK ( Estafet Tunas Kelapa ) adalah salah satu wahana untuk terus bergeloranya gerakan pramuka disegala penjuru Jawa Tengah. Selain itu pula dengan adanya ETK ini gerakan Pramuka tetap eksis dalam rangka menciptakan kader-kader pramuka baru, sehingga peran mereka semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu juga sebagai sarana untuk mendidik para pramuka untuk disiplin, mandiri dan juga peduli pada sesame. Dengan semangat itu diharapkan persatuan dan kesatuan tetap terjaga dan juga sikap gotong royong semakin tumbuh.

Mestinya kegiatan ETK ini dilangsungkan menjelang datangnya hari Pramuka bulan Agustus yang lalu, namun karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan maka kegiatan ini di undur setelah lebaran “, ujar Supriyadi ,S Pd guru SMA 1 Pecangaan yang ditemui di depan Mapolsek Pecangaan saat menanti kedatangan rombongan ETK dari Kecamatan Kedung.

Sementara itu kemeriahan juga terlihat di depan Mapolsek Pecangaan Jepara menjelang kedatangan rombongan ETK . Selain persiapan penjemput yang terdiri dari puluhan pramuka dari SMA 1 Pecangaan , juga ratusan pramuka dari sekolah terdekat juga bersiap-siap di pinggir jalan untuk menyambut kedatangan rombongan ETK. Sedangkan SD Pecangaan 1 dan 4 juga tidak mau kalah , dalam rangka memeriahkan penyambutan ETK ini juga mempersembahkan hiburan berupa pegelaran Marching Band dengan lagu-lagu yang menarik para hadirin yang datang ke Mapolsek Pecangaan.

Kedatangan ETK merupakan event yang cukup penting bagi gerakan Pramuka di Kabupaten Jepara , sehingga kemeriahan penyambutan terlihat di sepanjang jalan yang dilalui oleh rombongan. Selain berbaris rapi di sepanjang jalan mereka juga mendirikan kemah-kemah di sepanjang jalan yang menunjukkan kegiatan pramuka di kabupaten Jepara ada dan tetap eksis.

Sesampainya dibalai desa Krasak kecamatan Pecangaan ETK ini akan diserahterimakan kembali dari gerakan pramuka kecamatan Pecangaan kepada gerakan pramuka kecamatan Kalinyamatan begitu seterusnya sehingga keluar dari kabupaten Jepara. (FM)

Sumber : www.indonesiatoday.in
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger