Home » , » Pramuka bakal jadi ekskul wajib

Pramuka bakal jadi ekskul wajib

MEDAN - Mengingat pentingnya gerakan pramuka sebagai pembentukan jati diri, khususnya bagi generasi muda yang merupakan calon pemimpin bangsa, Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Sumatera Utara (Sumut) memprogramkan untuk memasukkan kegiatan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Kwarda Pramuka Sumut Gatot Pujo Nugoroho . "Revitalisasi gerakan pramuka harus dimulai dari tingkat terendah, dari sekolah di semua tingkatan. Sehingga, pramuka tidak hanya seremonial saja dengan memakai seragam pramuka setiap hari Jumat atau Sabtu," ujarnya, hari ini.

Dia menuturkan, untuk memaksimalkan kegiatan pramuka tersebut, semua pihak terkait harus aktif dalam menyosialisasikan pentingnya kegiatan pramuka dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa. Sebab, banyak generasi muda saat ini yang sikapnya tidak mencerminkan jati diri bangsa, bahkan tak sedikit yang lari dari jati diri tersebut.

Karena itu, dia meminta kepada jajaran pengurus Kwarda Sumut yang baru dilantik untuk menyadari tugas penting pramuka dalam mengembangkan jati diri generasi muda. Agar ke depan betul-betul siap meneruskan keberadaan negara, khususnya Sumut.

Disebutkannya, agar Pramuka bisa disukai dan menarik minat pelajar, pihaknya akan berupaya untuk membuat Pramuka begitu fun. Misalnya saja dengan outbond. "Kita ingin membuat Pamuka jadi kegiatan yang indah dan fun, serta menyenangkan, baik di tingkat SD, SMP, dan Perguruan Tinggi. Kita pupuk kebersamaan virus dan nilai-nilai kebaikan untuk menyongsong masa depan. Agar generasi muda memiliki life skill, salah satunya Pramuka," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Gatot, dia juga mengajak seluruh pengurus Kwarda Pramuka Sumut Periode 2011-2016 untuk terus meningkatkan hubungan dan jalinan kerjasama yang baik dengan organisasi kepemudaan. Hal ini mengingat pramuka bukanlah satu-satunya yang memberi kontribusi, karena itu perlu berkoordinasi dengan organisasi kepemudaan lainnya.

Sementara Ketua Kwartir Nasional Pramuka Azrul Azwar mengatakan, revitalisasi pramuka sudah menjadi tuntutan. Bahkan, ke depan pramuka harus mampu memberikan keahlian bagi anggota pramuka yang bisa digunakan saat memasuki dunia kerja.

"Gerakan pramuka harus mampu memberikan keterampilan yang bisa dimanfaatkan para anggota pramuka di masa-masa yang akan datang. Sehingga, kehadiran pramuka benar-benar bisa dirasakan manfaatnya," tandasnya.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger