Home » , » Pramuka Bantu Polisi Amankan Lalin Mudik

Pramuka Bantu Polisi Amankan Lalin Mudik

BEKASI – Meski mayoritas pelajar Kota Bekasi, telah menjalani libur ramadan dan idul fitri, tapi tidak demikian halnya dengan beberapa anggota Praja Muda Karana (Pramuka) Kota Bekasi.


Terpantau, beberapa siswa pramuka berdiri di sekitar lampu merah jalan utama Kota Bekasi. Mengenakan atribut lengkap, pramuka mengatur laju arus lalu lintas yang melintas.
Bak seorang aparat kepolisian lalu lintas, siswa dengan berani dan percaya diri melakukan gerakan-gerakan intruksi jalur lalu lintas, sesekali melintas tengah jalan bila terlihat rombongan kendaraan mobil dan motor melawan atau tidak mengindahkan intruksi yang diberikan lewat gerakan tangan.


Selain membantu aparat di jalan raya, pramuka juga membantu menjaga beberapa pos pengamanan mudik yang disediakan Polres Kota Bekasi di beberapa wilayah.
Seperti yang terlihat di pos mudik operasi ketupat di jalan Ahmad Yani, Bekasi kemarin. Terlihat, anggota Pramuka yang bertugas mencatat apa yang terjadi selama satu hari jaga. “Ini lagi mencatat laporan, mengamati saja kalau ada kecelakaan didata,” ucap salah satunya yang mengaku bernama Fitriah dari Saka Bayangkara Polrestra Bekasi.


Rencananya, prajurit Pramuka akan mulai bekerja dan membantu keamanan arus mudik selama 14 hari. Terhitung mulai hari ini hingga tujuh hari setelah Lebaran. Prosesnya diatur dengan format roling, atau saling ganti selama dua hari sekali dalam tugas. “Baru pagi ini, rencananya sampe H plus lebaran. Jadi 14 hari, roling dua hari sekali,” imbuh Fitriah.


Pramuka lainnya, Andreas Delana (16) siswa SMK Taman Siswa Bekasi mengungkapkan pada tingkatan tertentu anggota Pramuka dapat memilih Satuan Karya (Saka) yang mereka minati seperti Bhayangkara atau Saka Bahari yang berhubungan dengan kelautan.


“Saya memilih masuk ke Saka Bhayangkara ya jadi seperti ini membatu para Polisi yang menjalankan tugas di pos mudik,” katanya seraya mengaku menjalankan tugas dengan senang hati dan tetap menjalankan ibadah puasa. “Ya Senang saja bisa membantu kenyamanan masyarakat dalam berlalu lintas,sekalian mengisi waktu daripada enggak ada kegiatan di rumah karena sekolah sudah libur,” tandasnya. (lan)


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger