Home » , » Orari Siapkan Jambore On The Air untuk Pramuka

Orari Siapkan Jambore On The Air untuk Pramuka

JAKARTA - Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) mengadakan Jamboree On The Air (JOTA) untuk Pramuka se Asia Pacifik. Pa Pramuka ini akan mengudara menggunakan stasiun ORARI dan berkomunikasi dengan pramuka di Asia Pacific.


JOTA ini sendiri oleh Orari akan diadakan mulai tanggal 7 sampai dengan 8 Agustus 2010, bertempat di lokasi YB0ZSK, Lapangan KODAM, Jakarta. Menurut keterangan yang okezone terima, Jumat (6/8/2010) acara ini akan diikuti oleh sekitar 50 sampai 100-an pramuka.


YB0ZSK merupakan segelintir stasion ORARI di dunia yang akan beroperasi menggunakan mode digital selama Jamboree di udara. Dan menjadi satu-satunya dari Indonesia yang akan mengudara menggunakan mode digital.


Stasion YB0ZSK akan terdiri dari beberapa stasion dengan spesifikasi:


1.Stasion 7MHz (40m band) menggunakan antenna Inverted V beroperasi menggunakan mode suara SSB.


2.Station 14MHz (20m band) menggunakan antenna folded dipole 20m atau dipole 20m menggunakan mode digital (PSK31 & RTTY) dengan sistem operasi Ubuntu 10.04 & software FLDIGI.


3.Station eQSO melalui Internet menggunakan eQSO atau EchoLink.


4.Station 144MHz (2m band) menggunakan antenna omnidirectional menggunakan mode suara FM.


Akan banyak anggota ORARI Lokal Kemayoran yang terlibat seperti YC0LTM, YC0KBE, YC0KRB, YD0MLH, YD0MPE, YD0NWM, YC0MLC, YC0OZ, YD0CIA.
(tyo)


Sumber : okezone.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger