Home » , » Polres Gelar Pelantikan Pimpinan Saka Bhayangkara

Polres Gelar Pelantikan Pimpinan Saka Bhayangkara

Ketua Kwarcab Bima Wahyuddin, S.Ag melantik secara resmi Pimpinan Satuan Karya Pramuka Bayangkara Cabang Bima. Acara yang digelar dalam upacara resmi dihadiri langsung oleh Kapolres Bima Ajun Komisaris Besar Dede Alamsyah, SIK, dan sejumlah pengurus teras Kwarcab Bima beserta andalannya.
Selaku Inspektur Upacara Kapolres Bima, Dede Alamsyah, SIK, mengatakan bahwa tugas pokok kepolisian adalah membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyrakat dalam rangka kesadaran serta ketaatan masyrakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
Karena itulah, Dia menyakini, tepat kalau penerapan Pemolisian masyarakat diarahkan terwujudnya kerjasama polisi dengan masyrakat untuk dapat mencegah, menangkal dan menanggulangi kejahatan
”nah, kalau bisa seperti ini, saya yakin,gejala-gejala sosial yang mengarah menjadi gangguan Kantibmas bisa diredam”.
Lantas apa hubungannya dengan Saka Bhayangkara? Nah, disinilah tempat pembinaan generasi muda. Saka Bayangkara adalah bagian pembinaan generasi muda itu sendiri. Didalamnya ada potensi masyarakat yang juga digunakan sebagai strategi pembinaan Kamtibmas yang dilaksanakan Polri dalam hal ini Polresta Bima.
Sementara itu, Arief Rachman, S.Sos salah satu pimpinan satuan Saka Bhayangkara usai dilantik menjelaskan, Saka Bhayangkara adalah salah satu kemitraan dengan seluruh elemen yang tergabung dalam Kwarcab Bima.
Nah, kedepannya, wadah ini digunakan untuk pembinaan para remaja dan pemuda. Tidak ada lain tujuannya untuk meningkatkan partisipasi para remaja dalam rangka ketaatan dan kesadaran hukum.
Karena itulah, Arief yang juga staf Humas dan Protokol Setda Bima, mengajak adik-adik penegak di Gudep yang ada di seluruh SMAN yang ada di Kabupaten Bima untuk bergabung dengan bersama Saka Bhayangkara. Disini, adik-adik akan dididik menjadi Pramuka yang handal. Karena didalam Saka Bhayangkara banyak jenis keahlian khusus seperti Krida Tibmas, Krida Lantas, Krida Pencegah dan Penanggulangan bencana dan Krida TKP.
”pokoknya dijamin asyiklah. Adik-adik bisa belajar bagaimana tugas seorang polisi, sekaligus belajar bagaiman menjadi generasi muda yang taat hukum dan peraturan,” ajak Arief.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger