Home » , » Pramuka Jatim Kibarkan Bendera 1.000 Meter Di Pasir Putih

Pramuka Jatim Kibarkan Bendera 1.000 Meter Di Pasir Putih

Rekor dunia selam di Taman Laut Bunaken beberapa waktu lalu akan disaingi Jatim. Didukung 1.000 penyelam, Jatim akan mengibarkan mnerah putih seluas 1.000 meter persegi di Pasir Putih Situbondo.

Acara ini akan diwujudkan dalam acara bertajuk Dive Pramuka Emas pada 21-23 Oktober mendatang.
Humas Panitia Pelaksana Dive Pramuka Emas, Zamzami Sabiq, Kamis (8/9/2011) mengatakan, pemilihan lokasi di Pasir Putih, karena kondisi pantai di laut utara Jatim ini tepat dan aman bagi pemula. Kondisi geografis pantainya cukup landai dan bersih sehingga dipilih sebagai lokasi kegiatan.

Untuk mendatangkan 1000 penyelam, panitia telah mengundang berbagai kelompok selam baik dari kelompok Pramuka atau non Pramuka, seperti dari TNI dan Polri. Rencananya, dari Jatim akan ada 200 penyelam dan sisanya akan diikuti oleh penyelam asal Jawa tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur.

Jika jumlahnya dirasa masih kurang, rencananya dalam beberapa hari mendatang panitia juga bakal menggelar diklat (pendidikan dan pelatihan) selam atau scuba diving bagi pemula agar bisa turut berpartisipasi dalam pemecahan rekor dunia tersebut.

Biasanya dalam diklat selam itu peserta diberi penekanan pada materi dasar selam dengan materi ruang oleh instruktur setiap malam dan akan melakukan pula simulasi selam di kolam renang serta praktik di laut.

Adapun persyaratan peserta yang bisa mengikuti selam, yakni harus sehat jasmani dengan disertakan surat keterangan dokter, usia minimal 17 tahun (bila kurang dari 17 tahun harus menyertakan surat izin dari orang tua/wali), dan wajib bisa berenang minimal sejauh 20 meter. Namun untuk biaya pendaftaran dan fasilitas bagi peserta diklat selam hingga kini belum ditentukan. (red)

Sumber : www.surabayakita.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger