Home » , » Pramuka Bentuk "Komunitas Cinta Ciliwung Bersih"

Pramuka Bentuk "Komunitas Cinta Ciliwung Bersih"

DEPOK, KOMPAS.com - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Depok mendeklarasikan "Komunitas Cinta Ciliwung Bersih". Pembentukan komunitas ini berangkat dari memburuknya kondisi kawasan Kali Ciliwung. Di banyak tempat sepanjang aliran sungai, tumpukan sampah terlihat di tepi maupun di tengah aliran.

Komunitas ini diharapkan akan menjadi pelopor pelopor menjaga kelestarian daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung. "Komitmen komunitas ini menjaga agar area Kali Ciliwung tetap lestari. Pelajar dan masyarakat bisa turun bersama membersihkan Kali Ciilwung dari sampah yang ada," kata Sariyo Sabani, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Depok, Sabtu (24/9/2011) di Depok.

Deklarasi komunitas ini dilakukan setelah anggota pramuka Depok menggelar kegiatan bersih-bersih Kali Ciliwung. Mereka turun bersama Satuan Tugas Banjir dan beberapa aparat Pemerintah Kota Depok.

Menurut Sariyo, daya dukung lingkungan Kali Ciliwung semakin memprihatinkan. Area ini terdesak oleh pembangunan pemukiman. Seiring dengan itu, sebagian warga masih menggunakannya sebagai tempat untuk membuang sampah.

Erni (21), anggota pramuka asal Kecamatan Tapos, Depok mengaku senang dengan kegiatan bersih-bersih di Kali Ciliwung. Siapa pun yang tinggal di DAS Ciliwung bertanggungjawab menjaganya bersama. Erni bergabung dalam komunitas tersebut bersama anggota pramuka se-Depok.

Sumber : KOMPAS.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger