Home » , » Anggota pramuka bersihkan sungai di Purbalingga

Anggota pramuka bersihkan sungai di Purbalingga

Purbalingga - Puluhan anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu, mengadakan kegiatan pembersihan Sungai Gemuruh yang melintas di kota Purbalingga sepanjang 19,7 kilometer.

Anggota Pramuka yang dilibatkan dalam kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) ini terdiri 60 personel anggota Gugus Depan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Padamara dibantu kelompok pecinta alam sekolah tersebut dan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwarcab Purbalingga.

Wakil Ketua Kwarcab Purbalingga Bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat Arif Hardoyo mengatakan, tingkat pencemaran air di Sungai Gemuruh sangat memrihatinkan karena kondisi airnya sangat keruh akibat sampah yang mengotori aliran sungai ini.

Menurut dia, pencemaran tersebut sangat terlihat jelas pada aliran sungai yang melintas di wilayah Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan Purbalingga.

"Secara fisik terlihat jika sungai sudah tercemar, namun perlu dilakukan uji kimia guna mengukur tingkat pencemaran itu dengan melihat parameter keasaman (pH), BOD, COD, serta unsur kimia lainnya," kata dia menjelaskan.

Sungai Gemuruh banyak dicemari oleh sampah domestik seperti plastik dan limbah rumah tangga. Keruhnya air sungai, lanjutnya, diduga akibat buangan limbah detergen dan sedimentasi di bagian hulu Sungai Gemuruh.
(ANT)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Radar Pramuka - All Rights Reserved
Powered by Blogger